Calon Pegawai Negeri Sipil (Bahasa Indonesia) - Part 3 : Persiapan Tes CAT-

Halo teman-teman! Sudah baca Part 2? Kalau belum silahkan baca dulu yaaa. Pertama-tama aku ucapkan selamat bagi kalian yang telah melewati tahapan seleksi administrasi CPNS. Banyak pelamar dan kalian adalah salah satu yang beruntung. Setelah seleksi administrasi, seleksi selanjutnya adalah melalui tes CAT (Computer Assisted Test) yang terdiri dari Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB). SKD meliputi Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensia Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP). SKB meliputi pengetahuan di bidang formasi yang kalian lamar.


Dalam tes CAT kalian akan mengisi jawaban di komputer dan dapat melihat hasil tes kalian dan peserta lain secara real time melalui monitor yang terpasang di luar ruangan tes. Setelah kalian selesai mengerjakan tes, kalian juga bisa melihat hasil tes kalian di layar komputer kalian. Dengan begitu, kalian akan langsung mengetahui dan memprediksi apakah kalian lolos atau tidak.

Seleksi Kompetensi Dasar (SKD)
SKD terdiri dari 100 soal yaitu 35 soal TWK, 30 soal TIU, dan 35 soal TKP. Alokasi waktu pengerjaan tes ini adalah 90 menit. Artinya kalian harus mengerjakan satu soal tidak lebih dari 54 detik. TWK merupakan tes yang terdiri dari pengetahuan dan implementasi Pancasila, UUD 1945, pilar negara, bela negara, nasionalisme, integritas, Bhinneka Tunggal Ika, Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan Bahasa Indonesia. TIU merupakan tes yang terdiri dari pengetahuan verbal, numerik, figural, berpikir logis dan analitis. TKP adalah tes kepribadian kalian diantaranya terdiri dari pelayanan publik, kemampuan adaptasi, kemampuan mengembangkan diri, profesionalisme, integritas, kemampuan bekerja sama, semangat berprestasi, dan bekerja mandiri. Aspek yang dinilai dalam CAT dapat kalian lihat di official account Instagram BKN yaitu @bkngoidofficial. Hal penting yang perlu kalian perhatikan saat tes adalah nilai ambang atas atau passing grade. Berikut ini passing grade berdasarkan informasi dari Badan Kepegawaian Negara. Tahap pertama agar lolos adalah kalian harus melewati semua nilai ambang batas. Tahap kedua adalah semaksimal mungkin total nilai kalian harus lebih tinggi dari peserta lain.

Berdasarkan informasi dari BKN bahwa untuk beberapa jalur formasi tidak dikenakan nilai ambang batas TWK, TIU, dan TKP tetapi harus memenuhi nilai total. Misalnya pada formasi jalur cumlaude, nilai ambang batas TWK dan TKP tidak ada tetapi harus memenuhi nilai total minimal 298 untuk lolos ke tahap selanjutnya.

Tips Persiapan Tes CAT
Berdasarkan pengalaman tes CPNS 2017. Persiapan Tes CAT yang perlu kalian perhatikan adalah sebagai berikut:

1. Jaga kondisi kesehatan. Makan 3 kali sehari. Tidur cukup minimal 8 jam, minimal banget 6 jam. Kurangi makanan dan minuman yang tidak sehat. Selalu jaga kesehatan. Kondisi tidak fit saat hari tes itu tidak baik karena membuat kita kurang fokus dalam mengerjakan soal.

2. Latihan soal sebelum tes. Sebelum tes CAT, usahakanlah latihan soal kalau kalian ada waktu. Latihan soal dapat kalian peroleh dari berbagai macam sumber. Kalau aku pada saat itu memakai buku yang sudah lama aku beli berisi tentang soal-soal sejarah, Pancasila, NKRI, baris dan deret, luas, bidang, semua tentang matematika dasar, premis-premis, ide pokok paragraf, dan hal-hal lainnya seputar TWK dan TIU. Aku lebih fokus latihan pada soal-soal TWK dan TIU karena menurutku disitulah aku bisa memaksimalkan hasil karena TKP hanya membutuhkan jawaban jujur sesuai kepribadian kita dan tidak ada jawaban yang salah dalam TKP.

3. Siapkan berkas yang diperlukan saat hari tes. Ada beberapa berkas yang perlu kalian bawa pada saat hari tes dan siapkan berkas tersebut sebaik-baiknya. Misalnya, kartu ujian dan kartu identitas pribadi (KTP). Jangan ada yang tertinggal.

4. Masuk ke dalam grup sosial media CPNS untuk perkembangan info. Beberapa sosial media seperti Telegram dan Line biasanya tersedia grup CPNS. Saat itu aku bergabung dengan grup CPNS 2017. Disana kita bisa mengetahui info-info terkini seputar CPNS bahkan beberapa contoh latihan soal untuk persiapan tes.

5. Datang tepat waktu pada hari H tes. Ini sangat PENTING! Berdasarkan pengalaman pribadi bahwa aku datang sekitar 10 menit sebelum tes dimulai karena suatu alasan. Hahahah. Itu pun baru sampai depan gerbang belum jalan ke ruangan tempat tes nya yang cukup jauh. Saat itu sudah pasrah. Untungnya pengawasnya bilang "Ayo cepet baru mau mulai" karena berdasarkan peraturannya kita diwajibkan datang 30 menit sebelum pelaksanaan tes karena harus registrasi, absen, menaruh semua barang di loker, dan diperiksa terlebih dahulu dan bagi yang terlambat akan dinyatakan tidak boleh mengikuti tes dan berlaku diskualifikasi. Aku cukup beruntung saat itu karena tidak telat, namun mepet, tapi tolong jangan ditiru karena pada saat masuk ruangan semua orang sudah mengisi biodata untuk login, namun aku belum sama sekali. Datanglah minimal 30 menit sebelum waktu tes.

6. Berdoa sebelum mengerjakan tes. Apalah arti sebuah usaha tanpa berdoa. Berdoalah sebelum mengerjakan soal tes untuk menenangkan pikiran dan mohon yang terbaik.

Tips Mengerjakan Soal CAT
Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) terdiri dari 35 soal (soal 1-35), Tes Intelegensia Umum (TIU) terdiri dari 30 soal (soal 36-65), dan Tes Karakteristik Kepribadian (TKP) terdiri dari 35 soal (soal 66-100). Hal tersebut menunjukkan bahwa soal tersebut dibagi per bagian, yang artinya kalian tidak boleh stuck di satu soal untuk menghindari tidak terjawabnya bagian lain. Misalnya nih, kalian serius banget mengerjakan bagian TIU hingga lupa mengisi TKP, padahal semua bagian mempunyai bobot penilaian. Jadi tips yang bisa aku berikan adalah sebagai berikut:

1. Ke toilet lah sebelum melaksanakan tes. Pastikan perut dan hal-hal lain aman. Hal ini PENTING! Penting karena kalian tidak boleh keluar ruangan sebelum menyatakan selesai mengerjakan tes atau mengklik tombol selesai. Kalian akan berada di dalam ruangan selama kurang lebih 90 menit. Memang benar kalian boleh keluar lebih dahulu sebelum waktu yang ditentukan, namun tentunya kalian tidak mau bukan terburu-buru mengerjakan tes hanya karena urusan toilet? Ini berdasarkan pengalaman bahwa banyak orang yang terburu-buru mengerjakan hanya karena kebelet ke toilet. Yah, you will lose something hanya karena kebelet. Mengerjakan soal pun menjadi tak fokus.

2. Baca instruksi dan soal dengan baik. Hal ini penting jika kalian bertemu dengan bacaan yang panjang dalam soal TIU khususnya. Bacalah apa yang menjadi pertanyaan soal. Jangan menghabiskan waktu kalian dengan membaca keseluruhan paragraf. Ingat waktu kalian tidak lebih dari 54 detik untuk satu soal.

3. Kerjakan yang paling mudah terlebih dahulu. Yah, ini tips memang selalu muncul apabila kita mengerjakan suatu tes. Namun, ini benar. Hal ini bertujuan agar kita tidak stuck terhadap satu soal dan dapat memaksimalkan waktu yang tersedia. Kalau menurut kalian soal tersebut susah, just skip it first! Kalian bisa memaksimalkan waktu kalian untuk soal yang benar-benar kalian tahu pasti jawabannya.

4. Jangan lupa mengecek apakah jawaban kalian sudah tersimpan. Well, tes CAT memungkinkan kita untuk melewati soal-soal yang kita anggap susah dan langsung mengerjakan ke soal selanjutnya yang kita anggap mudah, tapi jangan sampai kita sudah susah menjawab tapi jawaban kita tidak tersimpan. Make sure jawaban kalian udah tersimpan dengan baik.

5. Jawab semua soal, jangan ada yang kosong. Pada tes CPNS 2017, tes CAT tidak ada pengurangan nilai saat kalian menjawab salah. Jadi, nilai tidak menjawab dan salah menjawab pun sama dengan nol. Hal ini memungkinkan kita untuk memprediksi jawaban mana yang memiliki kemungkinan benar, walaupun kita tidak tahu dengan pasti jawaban mana yang benar. Well, nothing to lose. Jawaban benar kamu dapat nilai, salah pun nilai tidak berkurang.

6. Cek ulang lagi. Lagi dan lagi. Kebanyakan orang-orang akan menyelesaikan tes lebih cepat dari yang telah ditentukan. Namun, manfaatkan waktu yang tersisa untuk mengecek kembali jawaban kalian. Kalian bisa mencari soal yang menurut kalian ragu jawabannya atau jawaban-jawaban yang ingin kalian ganti. Usahakan jangan keluar ruangan sebelum waktu yang disediakan benar-benar habis. Hal ini selalu aku lakukan sejak aku duduk di bangku sekolah. Aku selalu menjadi peserta tes yang keluar disaat waktu tes benar-benar selesai. Hahahah. Kali aja kalian mendapat ilham di saat-saat terakhir. Ilham di saat-saat terakhir itu emang bikin deg-degan tapi kadang cukup membantu.

7. Manfaatkan kertas buram yang telah dibagikan sebaik-baiknya. Hal ini selalu aku lakukan untuk mengerjakan soal-soal hitungan atau untuk mencatat hal-hal yang terlewat dalam pikiran saat aku mengerjakan soal. Hal ini berguna sekali ketika kalian sedang mengerjakan sesuatu, lalu kalian mencatat beberapa kemungkinan jawabannya dan akhirnya melewatinya soal tersebut karena terlalu sulit, dan di sisa-sisa waktu kalian ingin mengerjakan soal itu kembali. Hal itu masih tercatat di kertas buram kalian, yang jelas ada track nya sampai mana kalian mencoba mengerjakan soal itu sebelumnya.

8. FOKUS! FOKUS! FOKUS! Fokuslah dalam mengerjakan soal tes. Jangan terdistraksi dengan hal-hal yang tidak penting. Ingat kalian disini berusaha untuk diri kalian sendiri. Tidak usah bertanya-tanya kepada peserta yang di depan, belakang, samping kanan, dan samping kiri.

9. Catat nilai akhir kalian. Setelah selesai mengerjakan, nilai kalian akan muncul di layar komputer kalian. Usahakan ingat dan catat nilai kalian mulai dari bagian TWK, TIU, TKP, dan nilai total sehingga kalian bisa membandingkan dengan nilai ambang batas dan nilai peserta tes lain sehingga bisa memprediksi kemungkinan kalian lolos ke tahap selanjutnya.

Selamat berjuang! Selamat mengerjakan! Jia you!

Comments